Lompat ke isi utama

Berita

Zacky Muhammad Zam Zam: "Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat Melalui Keterbukaan Informasi Bawaslu"

Ketua Bawaslu Jabar

Sambutan dan Arahan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Zacky Muhammad Zam Zam dalam Kegiatan Monev Keterbukaan Informasi di Mandiri University Bandung, Jumat (02/08/2024). Foto: Yudha-Bawaslu Depok

Beberapa waktu lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia mengadakan dan mengirimkan kuisioner terkait keterbukaan informasi untuk seluruh Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Sebagai tindak lanjut, Bawaslu Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi hasil pengisian kuisioner tersebut di Mandiri University Bandung, Jumat (02/08/2024).

Monitoring dan evaluasi diawali dengan materi keterbukaan informasi dari Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat dan informasi hasil pengisian dari Pusat Data dan Informasi Bawaslu RI.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Zacky Muhammad Zam Zam, hadir langsung dan menyampaikan arahannya dalam acara tersebut. "Kegiatan ini sangat penting bagi kita selaku badan publik terkait kerja-kerja pengawasannya dan informasi kepemiluan yang dibutuhkan masyarakat luas," ujar Zacky.

"Kewajiban dan kewenangan kita dalam proses pengawasan pemilu adalah amanat undang-undang selaku instansi pemerintah. Kegiatan ini merupakan implementasi dari undang-undang keterbukaan informasi publik yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas sebuah badan publik," tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran setiap Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mengisi daftar informasi publik agar masyarakat mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam meningkatkan transparansi publik dan kepercayaan masyarakat terhadap Bawaslu.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Koordiv. Humas dan Datin Bawaslu Provinsi Jabar, Kepala Bagian Hukum, Humas dan Datin dan Subkoor Humas Bawaslu Jabar. Adapun peserta kegiatan ini adalah Koordinator Divisi Datin, Kasubbag, atau staf pengampu divisi data dan informasi Bawaslu Kab/Kota se-Jabar.

ki jabar
Yudaningsih, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat saat menjadi narasumber dalam kegiatan monev KI di Mandiri University, Bandung

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Tag
Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat
Bawaslu Provinsi Jawa Barat
Keterbukaan Informasi
PPID
Zacky Muhammad Zam Zam