Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Kapasitas, Bawaslu Kota Depok Hadiri RDK Penyelesaian Sengketa Acara Cepat

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Depok — Bandung (27/10/21), Anggota Bawaslu Kota Depok Sriyono, S.Kom., M.Pd beserta Staf Divisi Sengketa Bawaslu Kota Depok Achmad Ichsan Nusapati mengikuti kegiatan Rapat Dalam Kantor "Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Acara Cepat Gelombang I". RDK ini diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat pada Rabu, 27 Oktober 2021. bertempat di Kantor Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Rapat tersebut dihadiri pimpinan Bawaslu Jabar Abdullah, Yulianto, Sutarno, Zaki Hilmi, Yusup Kurnia dan Lolly Suhenty. Narasumber unsur akademisi Dr. Widyaningsih, SH, MH dan unsur praktisi Akbar Isnanto, SH., MHum Hakim Pengadilan Negeri Bandung.

Abdullah Ketua Bawaslu Jabar menyampaikan dalam sambutannya, asas Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu ialah pada memberikan keadilan dan kepastian hukum dalam waktu yang sikat karena tahapan pemilu saling berkejaran. Pada waktu yang terbatas, maka kejelian pengawas pemilu melihat peristiwa dalam waktu yang cepat menjadi penting. Disinilah kematangan dan keahlian dibutuhkan terkhusus dalam melakukan mediasi, ungkapnya. Yulianto, Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu jabar menambahkan, Ketentuan PSAP dengan acara cepat belum ada bahkan belum terurai secara rinci khususnya terkait teknis pelaksanaan.

Sama seperti aturan pencegahan yang aturannya masih bersifat general belum mengurai secara spesifik teknis standar/ indikatornya. PSAP penting untuk melakukan penguasaan dan pembacaan keadaan/peristiwa situasional. Karakter berebut kekuasaan dapat berpotensi pada munculnya tindakan kekerasan. Maka Pengawas Pemilu harus berhati-hati agar tidak menjadi korban situasi, tambahnya.

Dalam kesempatan ini pula, narasumber membahas praktik dan strategi efektif dalam penyelesaian sengketa perkara non litigasi dan litigasi, mekanisme penyelesaian sengketa. Selain itu, diulas juga mengenai penyelesaian sengketa proses pemilu melalui mediasi dan ajudikasi. Pemateri juga mengupas secara rinci kendala dan hambatan pelaksanaan mediasi serta strategi efektif untuk mencapai kesepakatan dalam mediasi.

Tag
Berita
Divisi Sengketa