Lompat ke isi utama

Berita

Tiga Tahun Bawaslu, Luli: Banyak Catatan Kritis dan Saran Perbaikan

Depok (24/8/21), Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Depok – Menginjak usia tiga tahun, peran Bawaslu Kab/Kota dalam pengawasan pemilu dan kewenangannya semakin kuat. Untuk merefleksikan hal ini, Ketua Bawaslu Kota Depok yakni Luli Barlini, S.Sos., M.Si menjadi moderator pada kegiatan webinar bertajuk "Refleksi 3 Tahun Bawaslu, Catatan Kritis Saran Perbaikan". Hadir sebagai narasumber Abhan (Ketua Bawaslu RI) dan Ahmad Doli Kurnia Tandjung (Anggota DPR RI 2019-2024).

Merefleksikan hari ulang tahun (HUT) ke-3 tahun ini, Ketua Bawaslu RI Abhan mengingatkan pentingnya kerja sama dalam mengawal demokrasi bangsa. Kerja sama yang Abhan maksud ialah, kerja-kerja yang dilakukan seluruh jajaran pengawas pemilu, mulai dari pengawas TPS hingga jajaran Komisioner Bawaslu RI. Selain itu, seluruh Ketua dan Anggota Bawaslu Kab/Kota masih memiliki banyak waktu untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas kinerja pengawasan.

"Selain penguatan koordinasi antar instansi pemerintah, Bawaslu Kab/Kota juga harus fokus untuk mengembangkan sumber daya manusia di internal. Kita akan terus menghadapi rintangan baru ke depan, sehingga penguatan kapasitas jajaran Bawaslu Kab/Kota menjadi sangat", ungkapnya.

Anggota DPR RI, Ahmad Doli memandang usia Bawaslu Kab/Kota masih sangat muda layaknya balita. Bawaslu harus terus bertransformasi secara kelembagaan, dan terus mengoreksi kinerja pengawasan dan penegakan hukum pemilu di lapangan supaya bertumbuh makin kuat.

Dirinya menjelaskan, pemilu merupakan cara untuk meraih kekuasan. Untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu yang bebas dari kecurangan dan pelanggaran, Bawaslu Kab/Kota tidak boleh lengah sedikitpun dan harus mampu berevolusi mengikuti perkembangan demokrasi elektoral” tegasnya.

Sebagai penutup webinar ini, Luli Barlini selaku Ketua Bawaslu Kota Depok menyampaikan bahwa Bawaslu Kab/Kota harus semakin aktif wujudkan pemilu yang demokratis, bermartabat, dan berkualitas, meskipun tidak mudah untuk mewujudkan cita-cita tersebut ditambah lagi dengan keadaan wabah Covid-19.

"Masih banyak catatan kritis dan saran perbaikan yang kita terima sebagai bentuk kepedulian para mitra Bawaslu. Bawaslu Kab/Kota akan terus bekerja keras agar semua masukan dapat kita realisasikan segera. Harapannya, dinamika perjalanan yang dilalui bisa membuat daya tempuh Bawaslu semakin dinamis dan lebih baik", tutupnya.

Tag
Berita
Divisi Organisasi dan SDM