Lompat ke isi utama

Berita

Serial Ketiga Live Instagram, Bawaslu Kota Depok Soroti Peluang dan Tantangan Menghadapi Pemilihan Serentak 2024

Depok (22/9/21) Bawaslu Kota Depok menyelenggarakan diskusi melalui live instagram serial ketiga dengan tema "Peluang dan Tantangan Bawaslu Menghadapi Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024". Diskusi ini menghadirkan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat yakni Abdullah Dahlan, S.TP, Luli Barlini, S.Sos., M.SI (Anggota Bawaslu Kota Depok). Tak lupa juga hadir M.Miqdad Nizam selaku Fungsionaris PB HMI.

Pada kesempatan ini Abdullah mengatakan bahwa Bawaslu sebagai bagian dari penyelenggara pemilu memiliki peluang untuk ikut mendorong perbaikan regulasi serta mengoptimalkan perbaikan managemen teknis pengawasan di lapangan. Selain itu, Bawaslu Jawa Barat juga telah menyusun strategi menghadapi pemilu serentak 2024 mendatang yakni dengan strategi "keluar dan kedalam".

Strategi keluar mencakup pihak eksternal yang diwujudkan dengan sosialisasi secara maksimal mengenai kewenangan Bawaslu serta memperkenalkan apa itu pengawas partisipatif. Selanjutnya, strategi kedalam yakni dengan memperkuat kapasitas seluruh jajaran Bawaslu baik dari komisioner maupun staff. Peningkatan kapasitas ini sangat penting untuk terus dilakukan agar tidak terjadi kembali kesalahan yang sifatnya teknis. Tidak hanya di Bawaslu saja, tetapi juga di jajaran ad hoc pengawas kecamatan, kelurahan maupun tingkat pengawas TPS.

Bawaslu harus berani melakukan evaluasi sumber daya manusia (SDM). Kinerja jajaran Pengawas Kecamatan (Panwascam), Pengawas Desa/Kelurahan harus lebih baik dari sebelumnya. Penguatan internal ini dilakukan dengan berbagai metode, diantaranya melaksanakan webinar, diskusi melalui live instagram, zoom meeting, rapat dalam kantor, serta metode diskusi lainnya yang dilakukan baik luring maupun daring sebagai wadah transfer informasi.

Tag
Berita
Divisi Organisasi dan SDM