Lompat ke isi utama

Berita

Sampaikan Program Kerja Kehumasan Tahun 2021, Bawaslu Kota Depok Susun Rencana dengan Serius

Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Depok – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Koordinas Rencana Program Kerja Kehumasan Tahun 2021. Rapat digelar di kantor Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Jalan Turangga, Bandung, Rabu (7/4/2021). Rakor ini diikuti oleh seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota yang membidangi kehumasan.

Anggota Bawaslu Kota Depok yakni Andriansyah, S.HI menyampaikan bahwa Bawaslu Kota Depok telah menggelar rapat terkait rencana kegiatan setahun ke depan.

"Bawaslu Kota Depok merencanakan berbagai kegiatan, yakni peningkatan SDM kehumasan melalui berbagai pelatihan (menulis berita, editing, dan fotografi). Selain itu, Bawaslu Kota Depok juga akan mengadakan webinar melalui daring yang bertemakan seputar Kepemiluan dan Demokrasi", tuturnya.

Sebagai wajah lembaga, Divisi Kehumasan Bawaslu Kota Depok juga telah merencanakan kegiatan yang bertema Posesif (Podcast Seputar Pengawasan Partisipatif). Kegiatan ini menyasar anak-anak millenial agar semakin melek politik. Selain itu, ini juga upaya dalam merawat dan memperkuat jaringan dengan seluruh kader pengawas partisipatif yang berada di wilayah Kota Depok.

Dalam kontestasi demokrasi, isu pemilih difabel menjadi isu yang jarang menjadi fokus dalam diskursus kepemiluan. Padahal, selain memiliki hak memilih, penyandang disalibitas memiliki hak-hak khusus yang harus dipenuhi untuk menunjang mereka menggunakan hak suara. Atas dasar inilah, Bawaslu Kota Depok juga akan mengangkat tema mengenai aksesibilitas penyandang difabel. Hal ini harus dibumikan oleh penyelenggara pemilu untuk menambah kesadaran semua pihak akan pentingnya pemenuhan hak disalibitas. Sehingga, seluruh pemangku kepentingan menjadikan isu pemenuhan hak difabel dalam Pemilu maupun Pilkada serentak sebagai prioritas.

Agar masyarakat mengetahui pula mengenai aturan dalam Pemilu dan Pilkada, Bawaslu Kota Depok juga telah menyusun program Ngaji Pilkada yang membahas mengenai hukum dan perundang-undangan. Divisi Kehumasan Bawaslu Kota Depok juga terus berupaya mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi sebagai bentuk pengenalan dan penguatan fungsi lembaga.

Tag
Berita
Divisi Hukum Data Dan Informasi