Lompat ke isi utama

Berita

Pimpinan Bawaslu Kota Depok Hadiri Rakor Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak 2024 dan Pengawasan DPB

Tasikmalaya (24/6/22), Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Depok Dede Selamet Permana, S.Si menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 dan Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat.

Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah menyampaikan kesiapan dan langkah-langkah pengawasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu se-Provinsi Jawa Barat untuk menghadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024. Di tempat yang sama, Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenti menjelaskan bahwa proses perubahan yang sedang berjalan di Bawaslu lahir sebagai refleksi perbaikan kelembagaan.

Nantinya, pengawasan tahapan akan dibagi ke seluruh divisi berdasarkan karakteristik kedekatan. Menyambung hal tersebut, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja juga memaparkan bahwa perubahan pola hubungan antara anggota Bawaslu dengan Sekretariat, perencanaan program dan anggaran, serta peningkatan kapasitas pimpinan dan sekretariat akan diperkuat melalui Diklat yang telah disusun kurikulumnya.

Pada sesi pemaparan materi, Anggota Bawaslu Provinsi Jabar Zaki Hilmi menyampaikan arahan terkait kewenangan atributif yang dimiliki oleh Bawaslu dalam melaksanakan fungsi pengawasan. Menanggapi hal tersebut, Anggota KPU RI Idham Kholik menyampaikan perihal tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024, Sipol akan segera dilaunching dan Bawaslu diberikan akses pengawasan SIPOL sebagai komitmen KPU untuk memenuhi kewenangan Bawaslu terhadap pendaftaran partai politik agar semakin terbantu untuk meningkatkan kualitas elektoral yang terpercaya.

Tag
Berita
Divisi Pengawasan