Lompat ke isi utama

Berita

Perkuat Pengawasan Pilkada, Bawaslu Depok Launching Forum Warga

Launching Forum Warga

Andriansyah memukul kentongan sebagai tanda launching Forum Warga bersama Mitra Kardi Darsa di Cipayung Kota Depok, Senin (08/07/2024).

Depok - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Depok meluncurkan Forum Warga di Sekretariat Mitra Kardi Darsa (MKD), Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Senin (08/07/2024).

Forum warga ini dibentuk untuk mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat dalam mencegah pelanggaran yang mungkin terjadi pada tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kota Depok.

Koordinator Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kota Depok, Andriansyah, mengatakan bahwa Forum Warga diadakan sebagai ikhtiar Bawaslu Kota Depok dalam meningkatkan partisipasi pengawasan partisipatif, khususnya dalam Pilkada 2024.

"Forum Warga ini menjadi bagian penting untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat, yang isinya nanti bisa berupa dialog, sosialisasi, dan diskusi, agar pemilihan kepala daerah secara serentak tahun 2024 ini berjalan dengan baik," ujar Andriansyah.

Andriansyah menambahkan bahwa MKD dipilih karena merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki anggota di seluruh kecamatan di Kota Depok, sehingga akan sangat membantu Bawaslu.

"Bawaslu yang memang mempunyai tugas dan wewenang mengawasi pemilu, namun tidak bisa berjalan sendiri atau mengawasi seluruh Depok tanpa mengajak peran serta masyarakat. Untuk itu, organisasi seperti MKD sangat membantu Bawaslu Kota Depok untuk menjangkau elemen masyarakat dan juga pemilih pemula," tutur Andriansyah.

Ketua Umum MKD, Yayat Supriatna, menjelaskan bahwa MKD awalnya bernama Mitra Kamtibmas Depok, namun kini berubah menjadi Mitra Kardi Darsa karena kemitraan MKD meluas tidak hanya di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saja, tetapi juga ke bidang sosial, agama, dan budaya.

Kegiatan peluncuran Forum Warga ini juga dilakukan secara serentak oleh pengawas pemilu se-Jawa Barat.

Hadir dalam kegiatan peluncuran ini antara lain Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Depok, Ketua Umum MKD dan jajaran pengurus, serta Panwascam Cipayung, Pancoran Mas, dan Cilodong.

Dengan adanya Forum Warga, diharapkan masyarakat Kota Depok dapat lebih aktif dalam mengawasi proses Pilkada 2024, sehingga tercipta pemilihan yang jujur, adil, dan demokratis.

dialog

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Editor : Andriansyah

Tag
Forum Warga
Cegah Pelanggaran
Pengawasan Partisipatif
Mitra Kardi Darsa
Bawaslu Kota Depok
Pilkada 2024