Lompat ke isi utama

Berita

Menarik Perhatian, Budaya Betawi Warnai Pelantikan Panwascam se-Kota Depok Untuk Pilkada 2024

baju betawi

Panwascam se-Kota Depok Mengenakan Baju Adat Betawi Saat Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji daam Rangka Pilkada 2024 di Hotel Savero Margonda Depok, Jumat (24/05/2024).

Depok - Bawaslu Kota Depok telah melantik 33 Anggota Panwascam se-Kota Depok untuk mengawasi Pilkada Tahun 2024 di Hotel Savero Margonda Depok, Jumat (24/05/2024). Ternyata dalam pelantikan tersebut, ada yang menarik perhatian tamu undangan, yakni dresscode yang digunakan oleh Panwascam terlantik adalah menggunakan pakaian adat Betawi.

Panwascam pria menggunakan koko berwarna putih dengan aksesoris kain atau sarung warna merah yang dikalungkan di lehernya serta mengenakan kopiah atau peci hitam. Sedangkan perempuan mengenakan kebaya encim dipadukan dengan kain untuk bawahan serta kerudung berwarna merah.

Kota Depok sendiri dikenal dengan ikon Kota Belimbing ini sangat kental dengan kekayaan budaya, etnik, dan latar belakang para pendatangnya. Budaya Kota Depok, mengikut kepada induknya, salah satunya yaitu budaya Betawi.

Akar budaya orang Depok sama sebagaimana induknya yaitu Betawi, berdasarkan atas sistem kekerabatan patrilineal, dengan keluarga batih sebagai kesatuan sosial yang terkecil. Mereka memiliki kebiasaan untuk menetap dalam satu areal dengan kerabat-kerabat yang masih seketurunan dalam satu rumah. Karenanya, masyarakat Depok memiliki rasa kekeluargaan yang sangat erat.

Jadi sekalipun Kota Depok masuk dalam bagian Provinsi Jawa Barat, karena budaya Betawinya sangat kental, maka pakaian adat betawi menjadi pakaian khas Depok.

Acara pelantikan Panwascam se-Kota Depok ini dihadiri oleh seluruh Anggota Bawaslu Kota Depok Kapolres Metro Depok, Dandim 0508/Depok, Anggota KPU Kota Depok dan Camat se-Kota Depok. (mya)

cinere

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Tag
Betawi
Depok
Kebaya Encim
Pelantikan
Bawaslu Kota Depok
Pelantikan