Lompat ke isi utama

Berita

Kesiapan SDM Bawaslu dalam Pemilu 2024

Depok (12/8/21), Ketua Bawaslu Kota Depok Luli Barlini, S.Sos., M.Si mengikuti kegiatan Sadida (Safari Diskusi Daring) yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Topik diskusi ini sangat menarik, yakni membahas kesiapan SDM Pemilu dalam Penggunaan Teknologi Informasi di Pemilu dan Pemilihan 2024. Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Yusup Kurnia dan Nuryamah hadir sebagai keynote speaker dalam diskusi ini.

Dalam diskusi ini, digitalisasi menjadi isu yang diperbincangkan. Penggunaan sistem teknologi informasi pada kenyataannya sangat mendukung kinerja pengawasan, penindakan, serta penyelesaian sengketa pemilu secara terintegrasi, efektif, transparan dan aksesibel. Dalam rangka penguatan kesiapan SDM Pemilu kedepan, Bawaslu telah menerapkan tata kelola organisasi informasi yang sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik dan bersih.

Pentingnya digitalisasi atau penggunaan teknologi informasi bisa dilihat dalam dua hal. Pertama, digitalisasi harus dipandang sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan regulasi atau termasuk hukum acara atau prosedur yang cocok dengan situasi bencana atau kompatibel. Kedua, perlu digitalisasi merupakan bagian dari ikhtiar memberikan kemudahan dari para pihak, khususnya Penyelenggara Pemilu, Pemilih dan Peserta. Digitalisasi itu memudahkan jadi solusi bukan menjadi beban berat atau masalah.

Tag
Berita
Divisi Hukum Data Dan Informasi
Divisi Organisasi dan SDM