Lompat ke isi utama

Berita

Dorong Pemilu Berintegritas, Bawaslu Kota Depok Kunjungi DPC PKB Kota Depok

Depok - Bawaslu Kota Depok kunjungi kantor DPC PKB Kota Depok dalam rangka program Bawaslu Menyapa, Senin (31/1/22). Kedatangan Anggota Bawaslu Kota Depok yakni Andriansyah, Dede Selamet Permana, dan Willi Sumarlin disambut baik secara langsung oleh Ketua DPC PKB, Sekretaris, Bendahara dan jajaran pengurus DPC PKB Kota Depok di Kantor DPC PKB Kota Depok.

“Kegiatan Bawaslu Menyapa ini menjadi ajang silaturahmi dalam menjalin komunikasi intensif melalui dialog dan diskusi langsung. Melalui kunjungan ini diharapkan partai politik dapat memberi masukan kepada Bawaslu Kota Depok menjelang persiapan Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024,” ucap Anggota Bawaslu Kota Depok Andriansyah.

Dijelaskannya, kegiatan ini merupakan kunjungan kerja resmi Bawaslu Kota Depok ke seluruh partai politik yang ada di Kota Depok. Tujuannya, pertama untuk menjalin komunikasi sehingga memudahkan koordinasi antara partai politik dengan Bawaslu Kota Depok selaku penyelenggara Pemilu. Kedua, menyampaikan informasi-informasi penting yang berkaitan dengan persiapan kepemiluan mendatang. Ketiga, agar partai politik mengetahui secara mendalam aturan yang berlaku di tiap-tiap proses tahapan Pemilu.

Dede Selamet Permana menambahkan bahwa kunjungan ini penting untuk mendengar masukan dari partai politik.

“Partai politik dapat memberikan masukan berdasarkan hasil evaluasi Pemilu dan Pemilihan Serentak lalu, sehingga masukan tersebut dapat dijadikan catatan dan usulan ketika Bawaslu Kota Depok melakukan rapat koordinasi bersama Bawaslu Provinsi maupun pusat. Selain itu, Bawaslu Kota Depok berharap partai politik dapat turut menghadirkan proses kontestasi yang lebih berkualitas dan berintegritas dalam Pemilu maupun Pemilihan Serentak mendatang”, tutur Dede.

Willi Sumarlin, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran juga menyampaikan bahwa kunjungan ini menjadi pembuka awal konsolidasi Bawaslu Kota dengan DPC PKB Kota Depok.

"Konsolidasi ini dimaksudkan agar kedepannya fungsi pencegahan lebih dikedepankan daripada penindakan hukum. Sehingga dapat meminimalisir potensi pelanggaran yang akan muncul", pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPC PKB Kota Depok M Faizin mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Kota Depok yang sudah berkenan berkunjung ke kantor DPC PKB Kota Depok.

"Kami sangat berterima kasih atas kunjungan ini. Sehingga kami bisa mendapatkan gambaran umum maupun mendetail yang berkaitan dengan persiapan Pemilu mendatang. Kami berharap informasi yang disampaikan Bawaslu Kota Depok menambah kesiapan DPC PKB Kota Depok menhadapi Pemilu 2024,” ujar Faizin.

Hasil kunjungan hari ini, DPC PKB Kota Depok memberikan masukan terkait mekanisme pengawasan alat peraga kampanye (APK) yang seringkali menjadi sumber persoalan ketika tahapan berlangsung. DPC PKB Kota Depok juga akan mengagendakan kembali pertemuan lanjutan dengan Bawaslu Kota Depok agar nantinya LO partai maupun pihak yang akan terlibat dalam Pemilu dapat memahami betul mekanisme tahapan secara teknis sesuai dengan aturan.

Bawaslu Kota Depok menargetkan kunjungannya ke sejumlah partai politik ini dapat menekan dan meminimalisir pelanggaran, serta mampu menciptakan Pemilu dan Pemilihan Serentak yang kondusif, berkualitas dan berintegritas. Kunjungan ini diakhiri dengan foto bersama sekaligus penyerahan buku hasil Pengawasan Pilkada Tahun 2020 lalu sebagai informasi dan bahan rujukan menuju Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 mendatang.

Tag
Berita
Divisi Hukum Data Dan Informasi