Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu RI Gelar Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu 2024, Unduh Pedomannya di Sini!

Poster Debat

Poster Debat Penegakan Hukum Pemilu 2024 (Dokumentasi: Bawaslu RI)

Jakarta – Bawaslu Republik Indonesia kembali mengadakan Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia ke-IV tahun 2024. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh mahasiswa di Indonesia dan berlangsung mulai tanggal 21 hingga 30 Agustus 2024.

Tema debat tahun ini adalah "Pemilihan Serentak 2024". Kompetisi ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk menggali dan membahas isu-isu yang akan muncul dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Puadi, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data dan Informasi Bawaslu RI, menyatakan bahwa debat ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk mendalami berbagai aspek yang terkait dengan pemilihan serentak, termasuk aspek hukum, sosial, ekonomi, dan politik.

"Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah secara serentak pada tahun 2024 ini diprediksi akan memunculkan berbagai isu persoalan, baik dari aspek hukum, aspek sosial, aspek ekonomi, hingga aspek politik itu sendiri," kata Puadi dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (31/7/2024).

Bawaslu berharap agar permasalahan-permasalahan tersebut dapat diketahui secara luas oleh publik, sehingga dapat memunculkan diskusi mengenai solusi terbaik untuk memperkuat penegakan hukum Pemilu.

Selain itu, Puadi menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan upaya Bawaslu untuk mensosialisasikan peran mereka dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

"Melaksanakan sosialisasi peran Bawaslu dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota," ujar Puadi.

Mahasiswa yang berminat dapat mengunduh pedoman kompetisi melalui tautan berikut: Unduh Pedoman Kompetisi. Tautan ini mencakup Surat Undangan kepada seluruh Dekan Fakultas Hukum/Fakultas Syariah/Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Perguruan Tinggi se-Indonesia, Buku Pedoman, dan Poster. (mya)

Penulis : M. Yudha Aldino

Foto : Dokumentasi Bawaslu RI

Editor : Sulastio

Tag
Debat Penegakan Hukum Pemilu 2024
Puadi
Bawaslu RI
Pilkada 2024