Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Depok Teken MoU dengan Jakarta Global University

Depok (21/4/22), Bawaslu Kota Depok melaksanakan penandatanganan MoU dengan Jakarta Global University dalam rangka perluasan pengawasan partisipatif. Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 mendatang, tidak hanya fokus pada pengawasan pemilihan (electoral) di lapangan saja, namun Bawaslu Kota Depok juga dihadapkan pada pengawasan ekstra terhadap kampanye melalui media sosial yang kerap kali menciptakan polarisasi di tengah-tengah masyarakat.

Sehingga keterlibatan mahasiswa yang menjadi bagian dari generasi yang sadar politik dan melek teknologi sangatlah penting. Langkah konkrit yang dilakukan antara Bawaslu Kota Depok dan JGU melalui kerjasama ini juga dapat memberikan saran serta masukan bagi kerja-kerja Bawaslu Kota Depok juga.

Bawaslu Kota Depok teken MoU dengan JGU juga merupakan bagian dalam pengembangan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Selain itu, mahasiswa sebagai seorang intelektual tentu memiliki wawasan, dan pengetahuan yang cukup tinggi mengenai perkembangan demokrasi di Indonesia, khususnya di Kota Depok. Sehingga hal tersebut diharapkan dapat membantu kerja-kerja pengawasan dalam memberikan pemahaman dan pendidikan politik kepada masyarakat.

Kegiatan MoU dengan JGU ini sebagai bentuk kerjasama antar lembaga untuk membumikan pengawasan partisipatif. Mengingat pengawasan partisipatif tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara Pemilu saja, namun memerlukan juga sentuhan lembaga akademis salah satunya universitas. Sebab dalam pengawasan, penting bagi universitas bisa membantu dalam riset dan kajian terkait wilayah-wilayah yang rentan disoroti baik dari prestasi maupun pelanggaran.

Pemilih harus menjadi subjek dalam demokrasi elektoral dengan ikut mengawasi prosesnya, tidak semata-mata menjadi objek dan target peserta pemilu. Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini tidak hanya memberikan dukungan baru bagi Bawaslu Kota Depok, namun juga memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Tag
Berita
Divisi Pengawasan