Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Depok Serahkan Sertifikat Akreditasi, Kamus Institute Resmi Jadi Pemantau Pemilu 2024

Depok, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Depok — Kamus Institute secara resmi telah menjadi lembaga pemantau pemilu untuk Pemilu 2024. Bawaslu Kota Depok mengakreditasi Kamus Institute sebagai pemantau lokal. Pemberian sertifikat akreditasi pemantau diberikan langsung oleh Anggota Bawaslu Kota Depok kepada Direktur Eksekutif Kamus Institute Andi Maulana di Kantor Bawaslu Kota Depok, Rabu (24/8/2022).

"Wilayah pemantauan kami (Kamus Institute) di seluruh wilayah Kota Depok, 11 kecamatan. Kami daftarkan sebagai pemantau lokal anggota lembaga kami, mereka punya atensi terhadap kepemiluan," papar Andi usai penyerahan sertifikat akreditasi.

Dia menyatakan, mulai sekarang Kamus Institute akan fokus melakukan pemantauan dalam setiap tahapan Pemilu. Selain hal tersebut, lanjut Andi, Kamus Institute juga melakukan pemantauan terhadap penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara. Dia menegaskan Kamus Institute hadir untuk mendukung pembangunan demokrasi bangsa.

Direktur Eksekutif Kamus Institue, Andi Maulana mengatakan, pemantauan Pemilu merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam Pemilu sebagai upaya penghormatan terhadap hak-hak pemilih serta memastikan kedaulatan pemilih dan kualitas Pemilu 2024 mendatang.

“Karena itulah yang membuat Kamus Institute mendaftar sebagai pemantau Pemilu lokal tahun 2024 dan ikut berpartisipasi dalam perhelatan pemilu serentak nanti,” ujar Andi.

Aktivitas pemantauan, lanjut Andi, pada prinsipnya merupakan kegiatan memantau tahapan proses pelaksanaan pemilu dengan cara mengumpulkan data, temuan dan informasi pelaksanaan pemilu.

“Untuk itu, lembaga pemantau menjadi salah satu pilar dalam pengawalan proses pelaksanaan pemilu. Pemantauan pemilu oleh masyarakat sipil menjadi sebuah tradisi penting dalam menciptakan iklim pemilu yang jurdil dan demokratis,” tutur Andi.

Di tempat yang sama, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Depok Dede Selamet Permana menyampaikan bahwa pemantau Pemilu menjadi perpanjangan tangan dari Bawaslu Kota Depok dalam melakukan pengawasan partisipatif.
"Bawaslu Kota Depok tentu sangat mengapresiasi Kamus Institute yang telah resmi menjadi pemantau Pemilu lokal pertama di Kota Depok. Antara Bawaslu Kota Depok dengan lembaga pemantau tentunya memiliki gagasan yang sama, bagaimana bisa bersinergi untuk memastikan kualitas pengawasan Pemilu 2024 menguat", pungkas Dede.

Tag
Berita
Divisi Pengawasan