Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Depok adakan Rapat Koordinasi Pembentukan Kampung Pengawasan Partisipatif (Zona Integritas Pilkada) dan Deklarasi Tim Penggerak Kampung Pengawasan Partisipatif

Beji (17/9/2020), Bertempat di Resto Taman Hotel Bumi Wiyata, Bawaslu Kota Depok bersama Panwas Kecamatan se-Depok merapatkan barisan dalam agenda Rapat Koordinasi Pembentukan Kampung Pengawasan Partisipatif di tingkat Kecamatan dan Kelurahan se Kota Depok dan Deklarasi Tim Penggerak Kampung Pengawasan Partisipatif (ZIP).

Rapat Koordinasi dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Kota Depok, segenap Anggota Panwas Kecamatan se-Depok. Turut hadir pada Rakor hari ini, Bapak Mochamad Afifuddin, S.Th.I.,M.Si, Anggota Bawaslu RI, Bapak Zaki Hilmi dan Ibu Loly Suhenty, keduanya selaku Anggota Bawaslu Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Bapak Mochamad Afifuddin, S.Th.I.,M.Si, berpesan “Kami berharap Kampung Pengawasan menjadi daya ungkit partisipasi masyarakat dalam mengawasi Pemilihan yang akan terus meningkat sehingga agenda Pemilihan berjalan dengan damai dan akan mendapatkan pemimpin yang amanah, yang bisa membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Indonesia.”

Inisiator Kampung Pengawasan Partisipatif/ZIP yang juga Anggota Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana mengungkapkan bahwa Rakor kali ini merupakan kelanjutan dari Deklarasi Kampung Pengawasan Partisipatif bersama seluruh elemen Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Aparat Kecamatan/Kelurahan yang diadakan pada bulan Desember di Hotel Santika tahun lalu.

“Kampung Pengawasan Partisipatif ini akan dibentuk sampai pada skala mikro RW bahkan RT. Jangan dibayangkan ini sebuah kampong seremonial dengan hiasan dan gapura, bukan itu. ZIP adalah edukasi substantif kepada masyarakat Kota Depok mengenai pengawasan partisipatif. Sehingga pada akhirnya masyarakat menjadi cerdas untuk menolak politik uang salah satunya.” Ujar Dede

Di akhir acara semua Panwas Kecamatan se Depok membacakan deklarasi di hadapan para Pimpinan Bawaslu RI, Bawaslu Jawa Barat dan Bawaslu Kota depok, yang berisi:

Kami Panwas Kecamatan se-Kota Depok siap:

1. Membumikan pengawasan partisipatif kepada Masyarakat Kota Depok

2. Bersama masyarakat menegakan Integritas, menjaga kualitas dan netralitas Pilkada Kota Depok

3. Mengedukasi dan melibatkan masyarakat dalam rangka mencegah Politik Uang, Politisasi SARA, Hoax dan Kampanye Negatif dan Kampanye Hitam.

Humas Bawaslu Kota Depok

Tag
Divisi Pengawasan