Lompat ke isi utama

Berita

Afifudin: Pengawas Partisipatif Penting dalam Kehidupan Berdemokrasi

Depok (12/8/21), Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Depok mengikuti diskusi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri. Diskusi ini mengangkat tema "Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Berdemokrasi". Diskusi ini dihadiri oleh berbagai instansi dan lembaga pemerintah diantaranya KPU, Bawaslu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Dinas Pendidikan.

Pada kesempatan ini, Afifuddin selaku Anggota Bawaslu RI menyampaikan bahwa dalam rangka menjamin pelaksanaan pemilu yang berintegritas, diperlukan keadilan pemilu. Hal ini dapat kita tilik dari kemurnian hak pilih warga negara, suara yang dimandatkan terfasilitasi oleh penyelenggara pemilu, dan peserta pemilu yang menghormati kehendak bebas warga negaranya dalam memilih wakilnya.

Selain itu, pengawasan partisipatif juga sangat penting untuk mencapai keadilan pemilu tersebut. Bawaslu terus meningkatan kerjasama antar lembaga, meningkatkan kualitas program yang dilakukan oleh Bawaslu serta inisiatif dari masyarakat. Bawaslu juga telah memiliki pusat pendidikan dan pengawasan partisipatif yang terfokus dalam empat hal yakni edukasi, partisipasi, kaderisasi, dan inovasi.

Tag
Berita
Divisi Pengawasan