Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Depok Dorong Keterlibatan Perempuan dalam Pendaftaran Pengawas TPS Pemilihan 2024

perempuan

Srikandi Pengawas TPS di Kota Depok (Dokumentasi). Foto : M. Yudha Aldino/Humas Bawaslu Depok

Depok - Bawaslu Kota Depok, melalui Panwaslu Kecamatan di seluruh wilayah Kota Depok, telah resmi membuka pendaftaran pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka mengawal Pemilihan Serentak 2024 atau yang kenal dengan Pilkada.

Salah satu fokus utama dalam proses ini adalah memperhatikan keterlibatan perempuan sebagai pengawas TPS. Hal tersebut diatur dalam Keputusan Ketua Bawaslu Nomor 301/HK.01.01/K1/09/2024 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan dan Pergantian Antar Waktu Pengawas TPS untuk Pemilihan 27 November mendatang.

Menurut juknis tersebut, setiap kelurahan memiliki kewajiban memperpanjang proses pendaftaran apabila jumlah pendaftar perempuan kurang dari dua kali kebutuhan.

Selain itu, ketentuan lainnya menegaskan bahwa jika tidak ada pendaftar perempuan yang mendaftar hingga akhir periode, panitia rekrutmen wajib membuka kembali pendaftaran khusus untuk perempuan.

Roberto Rossi, Koordinator SDM dan Diklat Bawaslu Kota Depok, menekankan pentingnya keterwakilan perempuan dalam pengawasan TPS. "Kami berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi perempuan agar terlibat langsung dalam pengawasan Pilkada. Hal ini penting demi mewujudkan pemilu yang inklusif dan berkeadilan. Keterlibatan perempuan diharapkan dapat memperkuat transparansi dan integritas proses pemilu," ujar Rossi saat ditemui tim Humas Bawaslu Depok, Jumat (13/09/2024).

Baca juga : https://kotadepok.bawaslu.go.id/berita/bawaslu-depok-segera-buka-rekrutmen-pengawas-tps-untuk-pemilihan-2024-kapan-dan-apa-saja

Sebagai informasi, pendaftaran pengawas TPS di seluruh Kota Depok berlangsung dari tanggal 12 hingga 28 September 2024.

Dengan dibukanya pendaftaran pengawas TPS ini, Bawaslu Kota Depok berharap seluruh elemen masyarakat, khususnya perempuan, dapat turut serta dalam memastikan proses Pilkada berjalan dengan adil dan transparan. Bawaslu juga mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga kualitas demokrasi di Kota Depok.

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Editor : Roberto Rossi

Tag
Pemilihan Serentak 2024
Bawaslu Kota Depok
Panwaslu Kecamatan
Pilkada Depok
Pengawas TPS Perempuan
Pengawas TPS
Keterwakilan Perempuan