Lompat ke isi utama

Berita

Supervisi Kehumasan Bawaslu Jabar, Koto: Tingkatkan Kepercayaan Publik Melalui Humas

Depok, Badan Pengawas Pemilu Kota Depok - Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat Harminus Koto inginkan Bawaslu Kota Depok tingkatkan kepercayaan publik melalui fungsi kehumasan. Hal ini penting agar masyarakat tahu dan percaya atas hasil pengawasan yang dilakukan.

"Masyarakat harus mengetahui hasil kerja pengawasan kita di lapangan, sehingga kepercayaan publik akan tumbuh kepada lembaga", katanya dalam kegiatan supervisi kehumasan di Kantor Bawaslu Kota Depok, Jumat (29/7/22).

Koto menilai, hasil kerja yang dilkukan Bawaslu Kota Depok harus tersampaikan secara optimal. Penyampaian informasi secara utuh akan memudahkan masyarakat dalam mendukung program Bawaslu.

"Peran humas sangat besar bagi citra lembaga. Untuk itu perlu kolaborasi seluruh divisi agar informasi dapat dituangkan secara maksimal baik melalui media sosial maupun website lembaga," tuturnya.

Lebih lanjut, Koto menjelaskan bahwa untuk menghasilkan sebuah konten, ada proses yang panjang. Mulai dari pembuatan script yang akan dituangkan, pesan literasi apa yang akan dijadikan topik utama, hingga proses produksi konten sampai akhirnya bisa di sampaikan ke publik.

Koordinator Divisi Humas Bawaslu Jawa Barat ini juga menjabarkan bahwa peran kehumasan semakin luas. Humas masa kini, katanya, harus mampu memanfaatkan media daring dan kemajuan teknologi seperti memproduksi konten podcast. Selain itu, humas juga dituntut membantu mengelola data informasi publik.

"PPID merupakan sarana bagi pemohon informasi publik sebagai salah satu wujud pelaksanaan keterbukaan informasi. Selain memenuhi informasi melalui permohonan dari masyarakat, PPID juga berguna untuk membangun keterbukaan proaktif melalui pengumuman atau publikasi tanpa proses permintaan. Kita harus pertahankan status informatif yang telah diraih," pungkasnya.

Menutup supervisi ini, Koordinator Divisi Hukum, Humas, Datim Bawaslu Kota Depok Andriansyah menyampaikan bahwa untuk memaksimalkan tugas kehumasan, Bawaslu Kota Depok telah melakukan upgrading bersama untuk jajaran internal sekretariat.

"Kami telah melakukan peningkatan kapasitas kehumasan kepada jajaran sekretariat untuk mendukung penuh kinerja kehumasan, terlebih tahapan Pemilu 2024 telah berlangsung," tutupnya.

Tag
Berita
Divisi Hukum Data Dan Informasi