Lompat ke isi utama

Berita

RSPAD Gatot Subroto Ditunjuk sebagai Lokasi Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Wali Kota Depok, Kapan Jadwalnya?

pemeiriksaan kesehatan walikota depok

Anggota Risal Randa saat meninjau RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Senin (26/08/2024).

Depok — Pemeriksaan kesehatan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok pada Pilkada 2024 merupakan bagian dari verifikasi syarat calon. Berbeda dengan Pilkada 2020, kali ini pemeriksaan kesehatan dilakukan setelah pendaftaran calon di KPU dan sebelum penetapan calon. Proses ini penting untuk memastikan bahwa semua bakal calon memenuhi syarat kesehatan yang telah ditetapkan.

Persyaratan ini merujuk pada Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Untuk Kota Depok, RSPAD Gatot Subroto Jakarta ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok. Anggota Bawaslu Kota Depok, Risal Randa, menyebutkan bahwa pemeriksaan kesehatan ini juga menjadi fokus pengawasan Bawaslu Kota Depok.

Baca juga : https://kotadepok.bawaslu.go.id/berita/evaluasi-pengawasan-partisipatif-bawaslu-depok-bersiap-jelang-tahapan-pendaftaran-calon

"Pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari verifikasi persyaratan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024. Bawaslu dan KPU Depok baru saja meninjau RSPAD Gatot Subroto Jakarta untuk memeriksa kesiapan di sana," ujar Risal Randa saat ditemui tim Humas Bawaslu Depok, Senin (26/08/2024) di Kantor Bawaslu Depok.

Risal menambahkan bahwa sesuai rencana KPU, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan selama dua hari, mulai tanggal 30 Agustus 2024, setelah pendaftaran di KPU selesai.

"Saya belum tahu jam pastinya, tetapi yang jelas, bakal calon Wali Kota Depok akan menjalani pemeriksaan kesehatan selama dua hari," tambah Risal.

Perlu diketahui, hasil pemeriksaan kesehatan ini akan diserahkan kepada KPU pada 4 September 2024. (mya)

Penulis : M. Yudha Aldino

Foto : Ichsan Nusapati

Editor : Risal Randa

Tag
Bawaslu Depok
KPU Kota Depok
Pemilihan Serentak 2024
Depok
Pemeriksaan Kesehatan
Bakal Calon Wali Kota Depok
RSPAD Gatot Subroto
Verifikasi Syarat Calon