Lompat ke isi utama

Berita

Rakornas Data Informasi Bawaslu 2024: Momen untuk Meningkatkan Transparansi dan Keamanan Data

sambutan ketua

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dalam Rakornas Data dan Informasi Bawaslu Tahun 2024, di Banten, Kamis (5/9/2024). Foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu RI

Tangerang – Bawaslu RI menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Data Informasi 2024 di Hotel Novotel Tangerang City pada 4–6 September 2024. Kegiatan ini dibuka oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Pencegahan Data dan Informasi (PP Datin) Bawaslu RI, Bapak Puadi, dan diawali dengan registrasi peserta sejak pukul 08.00 WIB.

Dalam sambutannya, Puadi menekankan pentingnya pengelolaan data dan informasi Bawaslu yang informatif bagi masyarakat. "Data dan informasi yang dikelola Bawaslu harus mampu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kepemiluan serta mendorong keterbukaan informasi publik," ujarnya. Puadi juga menekankan bahwa selain mengelola data, Bawaslu juga harus memastikan keamanan akses data untuk mencegah kejahatan siber, dengan memantau riwayat akses dan mendeteksi ancaman siber sedini mungkin. Hal ini dapat dilakukan melalui kolaborasi dengan pihak ketiga untuk menjaga integritas sistem.

Rakornas ini dihadiri oleh sejumlah narasumber dari berbagai latar belakang, termasuk akademisi dan pakar di bidangnya. Salah satu pemateri, Bapak Nixigo Sasvito dari Lembaga Studi Visi Nusantara, turut memberikan paparan terkait pengelolaan data dan informasi.

Pada hari kedua, kegiatan dihadiri kembali oleh Puadi bersama Ketua Bawaslu RI, Bapak Rahmat Bagja. Dalam arahannya, Rahmat Bagja menyampaikan pesan agar Rakornas Data Informasi ini menjadi momen penting untuk mendorong keterbukaan informasi publik yang lebih baik, bahkan melampaui standar keterbukaan informasi yang diterapkan oleh KPU RI.

Dalam acara ini juga diberikan penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Bawaslu 2024 kepada Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota dengan predikat informatif. Penganugerahan ini bertujuan untuk mengapresiasi dan memotivasi peningkatan transparansi dan aksesibilitas informasi publik di seluruh jajaran Bawaslu.

Di hari yang sama, Provinsi Jawa Barat berhasil masuk dalam jajaran 10 besar provinsi informatif dalam acara tersebut.

Rakornas Data Informasi 2024 ini ditutup pada hari ketiga, 6 September 2024, oleh Koordinator Tim Asistensi, Bapak Bachtiar Betal. Penutupan acara juga dihadiri oleh Tenaga Ahli Data dan Informasi, Moh. Situ Anang, serta Bapak Ali Mahyail. Bawaslu Kota Depok turut hadir dalam kegiatan ini yang diwakili oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Pencegahan serta Data dan Informasi, Sulastio.

Dengan berakhirnya Rakornas ini, Bawaslu RI berharap pengelolaan data dan informasi di seluruh jajaran Bawaslu semakin baik dan mampu menjadi sumber utama edukasi publik serta menjaga keamanan data dalam menghadapi tantangan pemilu serentak 2024.

foto pak tio banten

Penulis : M. Yudha Aldino

Foto : Bawaslu RI dan Bawaslu Depok

Editor : Sulastio

Tag
Rakornas Data Informasi 2024
Bawaslu
Keterbukaan Informasi Publik
Penganugerahan Informatif