Lompat ke isi utama

Berita

Polresto Depok Gelar Deklarasi Pilkada Damai, Bawaslu Komit Proses Pilkada Berjalan Adil dan Jujur

deklarasi damai

Momen langka, dua bakal paslon hadiri deklarasi pilkada damai disaksikan Kapolres Metro Depok, KPU, Bawaslu, Forkompimda dan Partai Politik yang di gelar di Polres Metro Depok, Kamis (19/09/2024). Foto : M. Yudha Aldino/Humas Bawaslu Depok

Depok – Untuk menciptakan situasi yang aman, sejuk, dan nyaman menjelang Pemilihan Serentak 2024, Polres Metro Depok bersama Pemkot Depok, Bawaslu, KPU, dan partai politik peserta pemilu melaksanakan Deklarasi Pemilihan Damai 2024. Acara tersebut digelar di Aula Atmani Polres Metro Depok, Kamis (19/09/2024).

Deklarasi damai yang disertai dengan penandatanganan komitmen ini merupakan bentuk kesepakatan bersama antara Polres Metro Depok dengan Forkopimda, penyelenggara pemilu, pimpinan partai politik, serta bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Kapolres Metro Depok, Kombes Pol. Arya Perdana, dalam sambutannya menyatakan bahwa pihak kepolisian pada prinsipnya ingin memastikan pengamanan Pilkada yang aman, tertib, dan damai.

“Polres Metro Depok telah menyiapkan 948 personel, didukung oleh 350 personel TNI dan 46.081 anggota Linmas. Ini untuk mengamankan 7.908 TPS di Kabupaten Bogor dan 2.763 TPS di Kota Depok," ungkap Kombes Pol. Arya Perdana.

Anggota Bawaslu Kota Depok, Andriansyah, yang turut hadir, menegaskan bahwa Bawaslu Depok berkomitmen mengawal seluruh tahapan Pilkada 2024 agar berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Fokus utama kami bukan hanya pada siapa yang terpilih, tetapi bagaimana proses Pilkada tersebut berjalan dengan adil dan jujur,” kata Andriansyah.

Koordinator Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kota Depok ini juga menyampaikan bahwa untuk menciptakan Pilkada yang damai, Bawaslu akan terus memastikan setiap pasangan calon menyampaikan visi dan misi mereka secara transparan, tanpa ujaran kebencian atau penyebaran hoaks.

Perlu diinformasikan bahwa pembacaan deklarasi damai tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin, dan diikuti langsung oleh bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, yaitu Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq serta Supian Suri dan Chandra Rahmansyah yang hadir secara langsung.

andriansyah polres
Anggota Bawaslu Kota Depok, Andriansyah saat memberikan sambutan dalam acara Deklarasi Pilkada Damai

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Editor : Andriansyah

Tag
Deklarasi Pilkada Damai
Bawaslu Kota Depok
Pemilihan Serentak 2024
Pengamanan Pilkada
Andriansyah
Pasangan Calon Wali Kota Depok