Lompat ke isi utama

Berita

Pengamanan Pilkada 2024: Bawaslu Depok Tekankan Kerjasama Antar Stakeholder

rakor pengamanan

Momen foto bersama seluruh stakeholder yang hadir dalam kegiatan Rakor Pengamanan di Polres Metro Depok, Kamis (25/7/2024)

Depok – Kepala Subbagian Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa Pemilu dan Hukum (PPPSH) Bawaslu Kota Depok, Yulianingsih, mewakili Ketua Bawaslu Kota Depok menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral Ops Mantap Praja Jaya 2024 yang diselenggarakan oleh Polres Metro Depok. Acara ini bertujuan untuk membahas pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024. Rapat tersebut berlangsung di Aula Atmani Adhi Wedhana Polres Metro Depok, Kamis (25/07/2024).

Dalam sambutannya, Yulianingsih menyampaikan beberapa poin penting dari Ketua Bawaslu Kota Depok, Fathul Arif, yang diwakilinya:

Assalamualaikum wr wb,  
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Yang kami hormati,

Bapak Ibu yang kami hormati, pada kesempatan yang baik ini, izinkan kami Bawaslu Kota Depok memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Metro Depok beserta semua jajaran atas kondusifnya dan tertib amannya pelaksanaan pemilu 2024.

Apresiasi juga kami sampaikan kepada pemerintah kota Depok, Dandim 0508 Kota Depok beserta jajaran, penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) serta tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan kepada semua pihak atas kerja keras dan kerja efektifnya dalam mengawal Pemilu Tahun 2024, sehingga pelaksanaan pemilu Tahun 2024 berjalan dengan baik dengan semua dinamika yang ada, tidak mengurangi kesuksesan pelaksanaan pemilu di kota Depok.

Karena itu, Bapak Ibu yang kami hormati, kami yakin dan percaya bahwa acara hari ini yang diadakan oleh Polres Metro Depok bertujuan untuk mengulang kesuksesan bersama dalam pelaksanaan pemilu 2024.

Apa yang baik dalam pemilu 2024 kita pertahankan dan perjuangkan, dan apa yang perlu dikoreksi mari kita evaluasi bersama.

Bapak Ibu yang kami hormati, dengan semakin dekatnya pelaksanaan pilkada 2024, maka koordinasi dan komunikasi antar stakeholder harus lebih kita tingkatkan karena tantangan Pilkada ke depan lebih berat dan sangat menentukan bagaimana kondusifitas pembangunan Kota Depok ke depan. Transisi kepemimpinan merupakan keniscayaan bagi sebuah negara demokrasi, karena itu harus kita jaga dan kawal dengan baik.

Kerja-kerja pencegahan (preventif) menjadi fokus kita saat ini, semakin baik persiapan kita maka semakin baik pelaksanaan Pilkada tahun ini, namun jika pencegahan tidak dilakukan dengan baik, maka bukan tidak mungkin pelaksanaan pilkada yang amburadul membuat transisi demokrasi di kota Depok tidak berjalan efektif dan berdampak pada kondusifitas pembangunan di kota Depok.

Untuk itu, Bapak Ibu yang terhormat, demi menjaga kualitas Pilkada yang lebih baik, maka perlu kiranya kami mohon kerjasama semua stakeholder dalam mengawal dan mengantisipasi bersama beberapa kerawanan Pilkada 2024:

1. Netralitas ASN, TNI, Polri yang perlu terus kita jaga dan kita ingatkan.
2. Netralitas Penyelenggara Pemilu, baik KPU dan Bawaslu yang sampai saat ini masih terus harus dijaga demi pilkada yang adil dan bermartabat.
3. Distribusi dan Ketersediaan Logistik Pemilihanyang sangat krusial dalam memberikan pelayanan kepada peserta pemilih.
4. Money Politic atau Politik Uang.
5. Ujaran Kebencian dan Hoax (berita bohong) Pemilu.
6. Penyusunan daftar pemilih, demi menjaga hak pilih masyarakat.
7. Partisipasi pemilih Pilkada tahun ini** yang diharapkan melampaui target KPU yakni 82% partisipasi pemilih dari sebelumnya Pilkada 2020 hanya terealisasi sebesar 62% pemilih, terlebih pengurangan TPS pilkada mempengaruhi partisipasi masyarakat datang ke TPS.

Demikian beberapa kerawanan Pilkada 2024 yang perlu kita antisipasi bersama agar pelaksanaan Pilkada 2024 bisa lebih siap dan lebih "MENYALA" sesuai dengan tagline dari KPU.

Semoga acara hari ini menjadi momentum awal kebersamaan yang akan kita jaga di masa-masa yang akan datang. Saya yakin dan percaya semangat yang ada di ruangan ini, sama dan mengalir kepada kami Komisioner dan Pimpinan Bawaslu Kota Depok yang saat ini masih berada di Kota Batam untuk memenuhi undangan Bawaslu RI. Untuk itu, kami mohon maaf atas ketidakhadiran kami.

Selain Bawaslu Kota Depok, acara ini dihadiri oleh berbagai stakeholder lainnya, antara lain dari Dandim 0508/Depok, Kejari Kota Depok, Ketua KPU Kota Depok, Satpol PP Kota Depok, Kesbangpol Kota Depok, Dinas Perhubungan Kota Depok, Dinas Kesehatan Kota Depok, Camat Beji, Camat Pancoran Mas, Camat Sukmajaya, dan jajaran dari Polres Metro Depok. (mya)

Penulis : M. Yudha Aldino

Foto : Teguh

Editor : Fathul Arif

Tag
Rakor Pengamanan Pilkada
Polres Metro Depok
Bawaslu Kota Depok
Netralitas ASN
Kerawanan Pilkada