Lompat ke isi utama

Berita

Pendaftaran PTPS Resmi Ditutup, Rossi: Pendaftar Melebihi Kuota

Suasana Pendaftaran PTPS di Sekretariat Panwascam Pancoran Mas

Suasana Pendaftaran PTPS di Sekretariat Panwascam Pancoran Mas

Depok - Pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pemilu 2024 telah resmi ditutup. Hal ini terpampang pada pengumuman di media sosial Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Depok.

Antusiasme pendaftar yang tinggi dapat terlihat mulai dari hari pertama hingga penutupan hari Sabtu, 6 Januari 2024. Namun fakta di lapangan kuota penerimaan masih belum mencukupi, maka dari itu diadakan perpanjangan dua hari.

Anggota Bawaslu Kota Depok, Roberto Rossi mengatakan bahwa sesuai juknis dari Bawaslu RI, jika kuota belum mencukupi, maka diperbolehkan untuk melakukan perpanjangan. "Memang sebelum ada masa perpanjangan, kita masih belum terpenuhi kuota PTPS di beberapa kelurahan, maka kita lakukan perpanjangan dari tanggal 7-8 Januari. Alhamdulillah hasil perpanjangan, justru kita melebihi kuota. Kebutuhan 5.570 PTPS yang kita minta, setelah perpanjangan sebanyak 6.404 warga pendaftar," ujar Rossi usai rapat internal dengan Panwascam di Kantor Bawaslu Kota Depok, Selasa (9/1/2024).

Rossi menjelaskan bahwa masyarakat yang telah mendaftar PTPS untuk senantiasa melihat pengumuman tahapan selanjutnya di media sosial Bawaslu Kota Depok atau Panwascam. "Setelah pendaftaran selesai, kita sudah mengumumkan hasil administrasi dan selanjutnya adalah tes wawancara hingga tanggal 17 Januari 2024," tambah Rossi.

Sesuai juknis pembentukan pengawas TPS Pemilu 2024, tanggal 18-19 Januari 2024 akan ditetapkan dan pengumuman calon terpilih berdasarkan hasil tes wawancara. Kemudian pelantikan calon terpilih akan dilaksanakan tanggal 22 Januari 2024. Pengumuman akhir tes akan dipasang di media sosial Panwascam dan diinfokan di Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Depok.

Rossi menambahkan calon yang terpilih nantinya akan diberi bimbingan teknis atau pelatihan pengawas pemilu. "Setelah pelantikan tanggal 22 Januari, kami akan memberikan beberapa bimtek kepada yang PTPS yang terpilih," tutup Koordinator Divisi SDMO tersebut.

Terakhir Anggota Bawaslu Kota Depok tersebut berharap, calon PTPS yang terpilih dapat menjadi garda terdepan dalam mengawal dan menjaga pesta demokrasi nanti agar aman, terkendali dan kondusif. (mya)

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Editor : Andriansyah

Tag
#AyoAwasiBersama
#BawasluDepok
#PemiluSerentak2024
#PTPS