Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Coklit Aman, Bawaslu Depok Awasi Coklit oleh Pantarlih di Sukmajaya

Coklit

Imron, Pengawas Kelurahan Baktijaya (rompi krem) saat mengawasi jalannya proses coklit di rumah Ketua MUI Sukmajaya, Kyai Abdul Qohar Aziz (menggunakan peci) oleh Pantarlih TPS 17

Depok - Bawaslu Kota Depok melalui Pengawas Kelurahan (PKD) Baktijaya, Imron dan Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sukmajaya, Masturo melakukan pengawasan ketat terhadap tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Pengawasan ini dilaksanakan di rumah Ketua MUI Kecamatan Sukmajaya, Kyai Abdul Qohar Aziz, Rabu (26/06/24).

Proses coklit ini merupakan bagian dari persiapan pemilihan kepala daerah tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bawaslu Kota Depok memastikan bahwa setiap tahapan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk menjamin akurasi data pemilih dan keadilan dalam pelaksanaan pemilihan.

Ketua MUI Kecamatan Sukmajaya, Kyai Abdul Qohar Aziz, menyambut baik kedatangan petugas pantarlih ke rumahnya. Kyai Abdul Qohar mengajak kepada seluruh warga Depok untuk mensukseskan Pilkada tahun ini. "Alhamdullilah pagi ini saya kedatangan pantarlih dan saya sudah didaftar, untuk itu saya mengajak seluruh warga Depok untuk mensukseskan Pilkada ini," ujar Pak Kyai.

Kyai Abdul Qohar Aziz juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Depok. "Mari kita jaga kerukunan dan persatuan, agar Kota Depok ini menjadi kota yang lebih maju," tutup Kyai.

Proses coklit melibatkan pengecekan langsung data pemilih oleh Pantarlih ke rumah-rumah warga. Dalam pengawasan tersebut, PKD Baktijaya dan Panwascam Sukmajaya turut mengawasi agar tidak terjadi penyimpangan prosedur. Mereka mencatat dan melaporkan setiap temuan di lapangan untuk ditindaklanjuti.

Pengawasan yang dilakukan oleh PKD Baktijaya dan Panwascam Sukmajaya ini diharapkan dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa proses pemutakhiran data pemilih berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bawaslu Kota Depok juga mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam pengawasan pemilihan, dengan melaporkan jika ditemukan adanya pelanggaran.

Dengan pengawasan yang ketat ini, Bawaslu Kota Depok berharap dapat menciptakan pemilihan yang jujur, adil, dan berkualitas, demi terwujudnya demokrasi yang sehat dan bermartabat. (mya)

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Editor : Andriansyah

Tag
Pantarlih
Depok
PKD
Baktijaya
Coklit