Lompat ke isi utama

Berita

Komisi II DPR RI Tinjau Kesiapan Pilkada Depok 2024, Bawaslu Sampaikan Hasil dan Strategi Pengawasan

ss

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI di Balai Kota Depok, Selasa (17/09/2024). Dokumentasi Tangkapan Layar berita.depok.go.id.

Depok – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Depok menegaskan kesiapan mereka dalam mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Depok, M. Fathul Arif, saat menerima kunjungan kerja spesifik dari Komisi II DPR RI di Balai Kota Depok, Selasa (17/09/2024).

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Khairul Muchtar, Ketua Tim Komisi II, dengan tujuan untuk memantau kesiapan pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2024.

M. Fathul Arif, menjelaskan bahwa Bawaslu telah melakukan berbagai pengawasan terhadap setiap tahapan Pemilu dan Pilkada yang sedang berlangsung. "Dalam melaksanakan pengawasan, Bawaslu Kota Depok mengambil langkah-langkah dan strategi pengawasan yang efektif untuk memastikan tahapan Pemilihan berjalan sesuai dengan koridor peraturan perundang-undangan," jelasnya.

ketua saat dpr
Ketua Bawaslu Kota Depok saat memaparkan hasil pengawasan kepada Komisi II DPR RI

Salah satu tahapan yang menjadi fokus pengawasan adalah penyusunan daftar pemilih. Bawaslu Depok memberikan sejumlah catatan penting dalam bentuk saran perbaikan dan rekomendasi kepada KPU Kota Depok sebagai hasil pengawasan yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu.

Lebih lanjut, M. Fathul Arif menekankan pentingnya pelibatan berbagai elemen masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan pengawasan partisipatif. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Bawaslu Depok menggandeng Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Organisasi Keagamaan, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Lembaga Pendidikan, serta komunitas hobi.

“Mengawal Pemilihan Serentak yang berintegritas butuh keterlibatan semua pihak. Upaya Bawaslu Kota Depok untuk melibatkan berbagai unsur masyarakat melalui pengawasan partisipatif adalah sebuah keharusan," tegasnya.

Untuk mewujudkan hal ini, Bawaslu Kota Depok telah melakukan berbagai kegiatan, termasuk sosialisasi, kerjasama kelembagaan, dialog, diskusi, serta mendirikan pusat informasi seperti Pojok Pengawasan, Forum Warga, dan Kampung Pengawasan. Menurut Ketua Bawaslu Kota Depok, program-program ini telah berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari masyarakat.

Hadir dalam acara ini antara lain Wali Kota Depok, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Forkompimda Kota Depok, Organisasi Perangkat Daerah, Ketua KPU Kota Depok, serta Anggota Bawaslu Kota Depok. (mya)

fto
Foto bersama Ketua Tim Komisi II bersama dengan unsur Pemkot Depok, KPU dan Bawaslu

Penulis : M. Yudha Aldino

Foto : Humas Bawaslu Depok dan Diskominfo Kota Depok

Editor : M. Fathul Arif

Tag
Kunjungan Komisi II DPR RI
Bawaslu Kota Depok
Fathul Arif
Kesiapan Pilkada Serentak 2024