Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Akhir Coklit, Bawaslu Depok Gelar Rakernis Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pilkada 2024

rakernis penyusunan

Titi Nurhayati selaku narasumber saat memberikan materi di Rakernis Penyusunan Daftar Pemilih pada Pilkada 2024 di Bogor, Rabu (17/7/2024)

Bogor - Jelang akhir tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, Bawaslu Kota Depok menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penyusunan Daftar Pemilih untuk Pilkada 2024 di Jambuluwuk Convention Hall Bogor, Rabu (17/7/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi antara Bawaslu, Panwaslu Kecamatan, dan jajaran dalam rangka sinkronisasi Data hasil Pengawasan Pencocokan dan penelitian yang nanti nya untuk persiapan Pleno Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan berlangsung 25 Juli - 11 Agustus 2024.

Selain itu, dalam rangka penguatan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pengawas se-Kota Depok, acara ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman, yaitu Titi Nurhayati, Ketua KPU Depok periode 2013-2018, dan Novita Ulya, Sekretaris Pengawal Demokrasi Nusantara (PE-DE-NUS). Titi Nurhayati memberikan teori mendalam tentang relevansi kerja pengawasan dalam pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada 2024, sementara Novita Ulya menyajikan studi kasus yang dapat diterapkan oleh Panwascam se-Kota Depok untuk meningkatkan efektivitas pengawasan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para pengawas pemilu di Depok mengenai pentingnya pemutakhiran data pemilih dan relevansi kerja pengawasan dalam menjaga integritas pemilu. Selain itu, studi kasus yang disampaikan oleh Novita Ulya memberikan gambaran nyata dan praktis yang dapat diterapkan oleh para pengawas dalam menjalankan tugas mereka.

Dalam penutupan kegiatan, Anggota Bawaslu Kota Depok, Sulastio, mengingatkan pentingnya pleno dalam pengambilan keputusan di Bawaslu. "Oleh karena itu, kuatkan administrasi dan dokumentasi agar tercatat dan bisa dibuktikan, untuk mempersiapkan sengketa di kemudian hari," ujar Sulastio. 

Dengan terlaksananya Rakernis ini, Bawaslu Kota Depok berharap dapat meningkatkan kualitas pengawasan dan penyusunan daftar pemilih, yang pada akhirnya akan mendukung terselenggaranya Pilkada yang aman, tertib, dan demokratis di wilayah Kota Depok. (mya)

rakernis 1

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Editor : Fajri M. Fahmi

Tag
Coklit
Bawaslu Depok
Pilkada 2024
KPU Kota Depok
Rakernis