Lompat ke isi utama

Berita

Hari Pertama Lipat Surat Suara, Bawaslu Imbau Pentingnya SOP untuk Keabsahan

Simbolis penyerahan surat suara

Simbolis penyerahan surat suara

Depok - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok memulai pelaksanaan sortir dan lipat (sorlip) surat suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Gudang KPU Kota Depok, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (10/1/2024).

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin. Willi mengatakan dalam sambutannya bahwa kesuksesan pemilu 2024 adalah dimulai pada proses sortir dan lipat.

"Agar diperhatikan dengan seksama karena nanti ada video panduan, agar dipedomani, dan jangan keluar dari apa yang telah dilakukan, "tutur Willi.

Ketua KPU Depok menjelaskan sorlip ini akan dilaksanakan hingga 7 hari kedepan dengan dua shift pengerjaan untuk sorlip surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Depok.

Hadir pula Ketua Bawaslu Kota Depok, Fathul Arif dalam rangka pengawasan melekat sorlip. Ketua Bawaslu mengingatkan dan mengimbau kepada KPU Kota Depok dan jajarannya dalam segi keabsahan dan keamanan dalam proses sorlip ini. "Sangat penting bagi kita semua khususnya KPU saat pelaksaan sorlip ini karena menyangkut keabsahan rusak atau tidaknya surat suaranya", ujar Fathul Arif.

Ketua Bawaslu juga mengingatkan kepada KPU Kota Depok untuk tertib, aman, sesuai dengan SOP yang sudah ditentukan agar surat suara tidak rusak dan tepat sasaran.

"Tidak kalah penting, kami (Bawaslu) mengimbau kepada KPU Kota Depok saat penyortiran, sudah betul atau belum per dapilnya khususnya surat suara calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok," ungkap pria asal Palembang tersebut.

Selain itu, Fathul Arif mengimbau kepada masyarakat yang bertugas sorlip surat suara ini agar mengikuti tata tertib yang berlaku pada pelaksanaan sorlip kali ini untuk tidak terikat dengan partai politik yang dapat dicek di sistem informasi partai politik agar netralitas tetap diutamakan.

Selain itu, Ketua Bawaslu Kota Depok mengingatkan untuk menjaga kesehatan agar semua proses berjalan lancar hingga 7 hari kedepan.

Bawaslu Kota Depok akan terus melakukan pengawasan melekat setiap tahapan dari KPU Kota Depok, salah satunya sortir dan lipat surat suara. "Bawaslu Kota Depok secara khusus telah membuat surat tugas untuk menjadi tim pengawasan sesuai dengan jadwal sorlip yg telah ditentukan oleh KPU Kota Depok, "tutup Fathul Arif.

Hadir pula mendampingi dalam kegiatan ini komisioner KPU Kota Depok, perwakilan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Polres Metro Depok. (mya)

Penulis dan Foto: M. Yudha Aldino

Editor: Sugeng Nugroho

Tag
#AyoAwasiBersama
#BawasluDepok
#PemiluSerentak2024