Lompat ke isi utama

Berita

Gencarkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Kota Depok Libatkan Organisasi Perempuan

Puluhan Organisasi Wanita yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Depok mengikuti giat sosialisasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Depok, Selasa (24/11), bertempat di Rumah Kabeda, Jl. K. H. Usman, Kukusan, Kecamatan Beji.

Acara yang dimulai sejak pagi dalam rangka Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Perempuan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kota Depok Tahun 2020 menghadirkan narasumber Anggota Bawaslu RI, Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH dan Akademisi LIPI, Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA.

“Persoalan representasi perempuan menjadi penting manakala kita sadar bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita melihat perempuan tidak secara proporsional terlibat dalam pengambilan keputusan,” ungkap Dewi.

Ia meyakinkan, keterlibatan perempuan dalam mengawasi Pilkada punya andil besar sehingga perlu diperbanyak. Salah satunya, perempuan dapat berperan membangun kesadaran masyarakat untuk menolak politik uang.

“Saatnya perempuan bergerak untuk masa depan demokrasi yang lebih baik, saya menantang Ibu-Ibu sekalian untuk membuat deklarasi yang berkaitan dengan anti money politics,” tutup Dewi.

Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini mengutarakan tujuan kegiatan kali ini didasarkan karena pelaksanaan Pilkada ditengah pandemi Covid-19 ini melahirkan berbagai peraturan baru. Salah satunya bentuk kampanye yang dihimbau agar dilakukan secara daring. Hal ini perlu di sosialisasikan agar Pilkada tidak menjadi cluster baru penyebaran Covid-19.

“Diharapkan angka partisipasi perempuan dalam pengawasan bisa naik, saya ingin perempuan berperan sebagai pemilih yang aktif tidak hanya pasif. Peran dan partisipasi perempuan dalam pengawasan partisipatif Pilkada secara aktif dan kritis sangat diperlukan”, ujar Luli.

Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA. Zuhro sebagai narasumber terakhir menyampaikan bahwa keterlibatan perempuan dalam pengawasan pemilu merupakan bagian tak terpisahkan (integral) dari pendidikan politik dan secara evolutif dapat meningkatkan partisipasi perempuan di kancah politik.

Tag
Divisi Pengawasan