Lompat ke isi utama

Berita

Gelar Apel Siaga, Bukti Bawaslu Siap Awasi Masa Tenang hingga Pungut Hitung

Ketua Bawaslu sambutan apel siaga

Ketua Bawaslu Kota Depok saat memberikan arahan kepada Pengawas Pemilu se-Kota Depok di Lapangan Balai Kota Depok, Sabtu (10/02/2024)

Depok - Tahapan kampanye pemilu 2024 segera berakhir, untuk itu Badan Pengawas Pemilu menggelar Apel Siaga Pengawas Pemilu se-Kota Depok di Lapangan Balai Kota Depok, Sabtu (10/02/24).

Ketua Bawaslu Kota Depok, M. Fathul Arif mengajak pengawas pemilu se-Kota Depok baik Panwas Kecamatan, Panwas Kelurahan dan Pengawas TPS untuk meningkatkan koordinasi dengan stakeholer terkait di setiap tingkatan.

"Koordinasi terkait penertiban alat peraga kampanye yang masih terpasang pada masa tenang dan koordinasi juga terkait percepatan perekaman KTP elektronik, khususnya jika terdapat pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KPT elektronik," kata Fathul Arif.

peserta apel
Pembacaan Deklarasi Pemilu Damai

Selanjutnya, Pria asal Palembang tersebut menekankan kepada Pengawas Pemilu ketika pada masa tenang untuk mengantisipasi potensi terjadinya pelanggaran pemilu dan tetap mengedepankan dimensi pencegahan namun untuk tetap tidak ragu untuk melakukan penindakan jika terdapat dugaan pelanggaran.

"Tugas dan tanggung jawab kita ke depan sangat berat, harapan dan ekspektasi masyarakat juga semakin tinggi. Untuk itu Apel siaga ini dilaksanakan dengan tujuan bukti kepada masyarakat di Kota Depok bahwa Bawaslu Kota Depok siap melaksanakan tugas pengawasan pemilu tahun 2024 khususnya di masa tenang hingga pemungutan dan penghitungan suara nantinya," tambah Fathul Arif.

Apel siaga ini juga dirangkai dengan pembacaan dan penandatangan deklarasi pemilu damai oleh Ketua Bawaslu Kota Depok,  Wakil Wali Kota Depok, Kapolres Metro Depok, Dandim 0508/Depok, Ketua KPU Kota Depok dan perwakilan partai politik peserta pemilu serta tim pemenangan daerah pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Rangkaian Apel Siaga ini pun ditutup dengan doa bersama yang menghadirkan langsung 5 pemuka agama. (mya) 

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Editor : M. Fathul Arif

Tag
#ApelSiaga
#BawasluDepok
#CegahAwasiTindak
#PemiluSerentak2024