Lompat ke isi utama

Berita

Deklarasi Pemilu Damai di Kota Depok Bentuk Kepedulian Demokrasi Bermartabat

Polres Metro Depok menggelar coffee morning dan deklarasi damai bersama jajaran Forkopimda dan para petinggi peserta pemilu atau parpol se-Kota Depok di Aula Atmani, Polres Metro Depok, Kamis (26/10/2023). Kegiatan ini sebagai bentuk silahturahmi dan komunikasi untuk mendukung Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Dalam sambutannya, Kapolres Metro Depok, Kombes Pol. Ahmad Fuady menyampaikan bahwa Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi yang harus berjalan lancar, aman dan damai. Untuk itu perlu dukungan dari semua pihak, baik dari penyelenggara pemilu maupun peserta pemilu.

"Dari Polres telah menyiapkan kurang lebih 1150 personel untuk kita mengamankan pesta demokrasi di 2023-2024 dengan didukung oleh Kodim 0508/Depok, Linmas, dan Satpol PP. Dan tentunya kita juga berharap partisipasi dari seluruh satgas peserta pemilu atau parpol yang sama-sama menciptakan Pemilu yang aman dan damai. Karena satgas parpol ini yang bisa menertibkan massa pendukungnya. Selanjutnya jika ada yang merasa keberatan terhadap pelanggaran tahapan pemilu, maka salurkan kepada sarana yang benar, yakni Sentra Gakkumdu yang diinisiasi oleh Bawaslu",ujar Kapolres Fuady.

Ketua Bawaslu Kota Depok, Fathul Arif yang hadir dalam Deklarasi Pemilu Damai turut menyampaikan sambutannya. Fathul Arif menyambut kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian untuk menghadirkan demokrasi bermartabat yang berkeadilan dan kredibel.

"Bawaslu dalam hal ini mempunyai tugas dan fungsi untuk menjaga hak setiap masyarakat dalam kebebasan berpendapat dan berpolitik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami mohon kerja sama dan kolaborasi kita semua agar pemilu aman dan damai serta berjalan sesuai perundang-undangan. Dalam menjalankan pengawasan kepemiluan, kami terus berpegang dengan UUD 1945 dan UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Kami melihat partisipasi pemilu di Kota Depok Tahun 2019 mencapai 85,41%. Hal ini di atas rata-rata partisipasi nasional yakni 81%. Artinya, hal ini menandakan antusiasme seluruh element masyarakat Kota Depok ikut andil dalam pemilu cukup tinggi,"ungkap Ketua Bawaslu.

"Bawaslu dalam hal ini berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk peserta pemilu dengan penguatan kelembagaan dan kami telah melakukan bimbingan teknis kepada panwascam di tingkat kecamatan, ditingkat kelurahan kami memiliki PKD, dan juga kami perkuat hingga pengawas di TPS. Kami menyambut baik dan akan kami salurkan semangat pemilu damai kepada seluruh jajaran kami. Komisioner Bawaslu Kab/Kota seluruh Indonesia telah dilantih dan disertifikasi sebagai mediator, ini artinya kami akan siap jika ada hal-hal permasalahan di lapangan yang dirasa perlu mediasi sampai ajudikasi sampai keputusan yang mengikat", tutup Fathul.

Komitmen dan dukungan kelancaran Pemilu 2024 juga datang dari Pemerintah Kota Depok. Adapun Forkopimda Kota Depok yang hadir dalam Deklarasi ini, Ketua DPRD Kota Depok, Sekda Kota Depok, Pimpinan Peserta Pemilu se-Kota Depok.(mya)

Tag
Berita