Lompat ke isi utama

Berita

Cegah Pelanggaran Penyelenggara Pemilu, Panwascam Pancoran Mas Kawal Terus Rekapitulasi Hingga Hari Ketujuh

Pleno rekap panmas

Suasana panel rekapitulasi di Kantor Kecamatan Panmas, Depok

Depok - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat kembali melanjutkan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara untuk Pemilu Serentak 2024, Sabtu (24/02/2024).

Rapat pleno ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pancoran Mas.

Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pancoran Mas bersama Saksi dari peserta pemilu yang mengikuti jalannya pleno hingga hari ketujuh ini.

Ketua Panwascam Pancoran Mas, Sugeng Pribadi mengkritik kepada PPK Pancoran Mas. "Kalau saya lebih condong, kalau memang ini kan jaringan pakai jaringan (internet) kecamatan, kenapa PPK gak menyiapkan, biar semuanya berjalan lancar," tegas Sugeng, memberikan saran saat akan dimulainya pleno di kantor Kecamatan Pancoran Mas, Senin (19/02/2024).

Tuntutan percepatan rekapitulasi di Kecamatan Pancoran Mas yang semula 4 (empat) panel pada hari Senin (19/02/2024) menjadi 6 (enam) panel pada hari Rabu.

Dalam hal ini Panwascam Pancoran Mas meminta ke pada PPK Pancoran Mas sebelum membuka 6 panel untuk meminta persetujuan secara tertulis kepada KPUD kota depok dan ke pada saksi partai peserta pemilu dengan menggunakan konsep rekapitulasi dengan menyelesaikan penghitungan surat suara untuk semua jenis pemilihan.

Hingga saat ini PPK Pancoran Mas telah menyelesaian 273 TPS dari total 705 TPS di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Seiring berjalannya waktu, PPK Pancoran Mas menunda kembali sementara rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu 2024 dengan alasan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan yang membantu kegiatan rekapitulasi kelelahan.

Namun Sugeng menyikapi kembali hal tersebut dalam memberikan saran dan himbauan kepada PPK Pancoran Mas untuk mengambil alih sementata rekapitulasi tersebut dan tetap melaksanakan walau pun hanya 1 (satu) panel agar tidak menimbulkan praduga macam-macam oleh partai peserta pemilu kepada penyelenggaraan PPS dan PPK. (mya) 

Penulis : M. Yudha Aldino

Foto : Panwascam Pancoran Mas

Editor : Sugeng Pribadi

Tag
#RekapHasilPemilu
#BawasluDepok
#AyoAwasiBersama
#PanwascamPancoranMas
#PPKPancoranMas
#CegahAwasiTindak
#PemiluSerentak2024