Lompat ke isi utama

Berita

Bimbingan Teknis Pelaksanaan Tupoksi Kepemiluan bagi Jajaran Panwaslu Kecamatan Kota Depok pada Pemilu Serentak Tahun 2024

Halo #SahabatBawaslu, Hari ini Senin, 11 September 2023 Bawaslu Kota Depok melaksanakan Bimtek kepada Panswascam seluruh kota Depok. Tujuan utama tentunya untuk pengembangan SDM di lingkungan penyelenggara pemilu khususnya pengawas pemilu yang dilaksanakan di Fave Hotel Depok, Jawa Barat.

Acara dimulai dengan sambutan Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Depok serta arahan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Hj. Nuryamah, .,S.Ei.,MH. Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Depok menyampaikan tentang pentingnya kegiatan hari ini. “Ini merupakan ajang saling kenal antara pimpinan Bawaslu Kota Depok dan Panwascam se-Kota Depok. Kedua tentu berharap Bawaslu dengan Panwascam se-Kota Depok, mungkin betul dalam struktur organisasi sifatnya koordinasi dan instruksi, namun kami kami harapkan dalam pelaksanaan kedepan kita bisa bekerja sama dan komunikasi karena kita merupakan keluarga besar,” ujar Fathul Arif.

Selanjutnya, dalam arahannya Anggota Bawaslu Provinsi Jabar, Nuryamah berpesan kepada Panwascam se-Kota Depok pentingnya kesehatan yang menjadi keutamaan dalam menuju kerja-kerja pengawasan. “Pastikan sebelum melaksanakan apa-apa, bersikap bijaklah kepada diri kita. Karena yang tahu kondisi kita, sehat atau tidaknya adalah kita sendiri,” ujar teh Nuri dalam sapaan sehari-hari.

Anggota Bawaslu Provinsi Jabar dalam arahannya juga menyampaikan beberapa hal kepada Panwascam. Bawaslu Kota Depok merupakan salah satu unit yang sudah lengkap baik secara Komisioner maupun jajaran kesekretariatannya. Hal ini sangat penting untuk sebuah organisasi dengan persiapan tahapan kepemiluan yang sangat padat dan panjang.

Sesuai dengan Perbawaslu nomor 15 tahun 2020, pasal 6, menjelaskan tentang Peningkatan Kapasitas SDM. Ada tiga pembinaan tersebut, yang pertama peningkatan kapasitas SDM dalam bimbingan teknis ini, kedua peningkatan secara kinerja yang menuntut profesional bekerja khususnya pengawasan. Terakhir, pembinaan tentang penyelesaian pelanggaran kinerja pengawas pemilu.

Materi Bimtek disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Kota Depok periode 2018-2023 kepada panwascam se-Kota Depok antara lain Tata Kelola Organisasi dan Nilai-nilai Dasar Pengawas Pemilu, Penyelesaian Sengketa dalam Pemilu, Prosedur Penanganan Pelanggaran Pemilu, Pelaksanaan Pencegahan dalam Tahapan Pemilu. (mya)

Tag
Berita
Divisi Organisasi dan SDM
Uncategorized