Lompat ke isi utama

Berita

Berbanggalah Jadi Pengawas TPS, Misi Kemulian Ada di Pundak PTPS

Pelantikan PTPS Depok

Momen pengambilan sumpah jabatan PTPS oleh rohaniwan (foto: Yudha/humas Bawaslu Depok)

Depok - Terhitung 22 hari sebelum Pemilu Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok secara serentak melantik 5.570 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kota Depok pada Pemilu Tahun 2024 yang terbagi 11 lokasi setiap kecamatan.

Salah satunya adalah Pelantikan PTPS di Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Dalam sambutannya, Anggota Bawaslu Kota Depok, Risal Randa menyampaikan ucapan selamat bagi PTPS yang telah dilantik.

"Bapak/Ibu yang dilantik pada hari ini patut berbangga karena hanya sedikit dari 270 juta penduduk Indonesia yang mau terlibat secara langsung sebagai penyelenggara Pemilu. Ini bukan soal honor, tapi ini bentuk pengabdian kita sebagai relawan demokrasi untuk ikut berpartisipasi demi tegaknya Pemilu yang berintegritas," pungkas Risal dihadapan 310 PTPS Gelombang 1 Kecamatan Pancoran Mas di Gedung Serbaguna Kelurahan Depok Jaya, Senin (22/1/2024).

Sambutan Risal Randa
Anggota Bawaslu Kota Depok, Risal Randa saat menyampaikan sambutan kepada PTPS terlantik

Risal juga menekankan beberapa poin penting dalam sambutannya, salah satunya agar PTPS yang telah dilantik untuk menjaga kode etik pengawas pemilu.

"Bapak/ibu yang sudah dilantik sudah terikat dengan kode etik sebagai penyelenggara pemilu, jangan sampai, hari ini dilantik, besok sudah viral tuh ada PTPS yang ngopi bareng sama calon legislatif (caleg)," tutur Risal Randa.

Selanjutnya, menurut Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja itu bahwa PTPS yang telah dilantik tidak memiliki banyak waktu lagi untuk belajar. Maka dari itu setelah pelantikan ini seluruh PTPS usai dilantikan akan mendapatkan pelatihan atau bimbingan teknis terkait aturan dengan tugas dan tanggung jawab PTPS.

Ia juga menyebut PTPS yang terlantik adalah komisioner-komisioner Panwaslu juga. Berasal dari kata misioner yang berarti pembawa kemulian.

"Maka dari itu, Bapak/Ibu sekalian bukan digaji namanya, tapi honor kehormatan, inilah yang melekat pada pundak kita, misi kemulian yang kita bawa. Bapak/Ibu sekalian adalah komisioner yang akan membawa misi relawan demokrasi yang akan mensukseskan pesta demokrasi kita tahun 2024.

Tanda tangan berita acara pelantikan ptps
Penandatangan berita acara pelantikan PTPS 

Total 705 peserta PTPS terlantik di Sekretariat Panwascam Pancoran Mas sesuai dengan jumlah TPS.

Hadir juga dalam pelantikan di Kecamatan Pancoran Mas, Ketua Panwascam Pancoran Mas beserta Anggota, Lurah di Kecamatan Pancoran Mas dan Kepala Sekretariat Panwascam Pancoran Mas. (mya)

Foto bersama
Foto bersama Anggota Bawaslu Kota Depok, Panwascam, Para Lurah dan Peserta PTPS terlantik

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Editor : Risal Randa

Tag
#PTPS
#BawasluDepok
#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024