Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Depok Lakukan Konsultasi Hukum ke Bawaslu Jabar dan Terima Buku Hasil Riset Pilkada

Bandung (10/3/2021), Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi yakni Andriansyah, menyambangi Bawaslu Provinsi Jawa Barat untuk melakukan konsultasi hukum dengan H. Yusuf Kurnia. Konsultasi hukum ini berkenaan dengan kelanjutan Kasasi terhadap Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Tanggal 17 Desember 2020 lalu.

Selain itu, Bawaslu Kota Depok juga menerima buku hasil riset dari Bawaslu Provinsi Jawa Barat karena telah berkontribusi sebagai penulis (Andriansyah, Luthfan Dimas Pratama, Siska Andrianika) dengan judul buku Serial Evaluasi Pilkada Serentak di Indonesia. Dalam riset tersebut, Bawaslu Kota Depok mengangkat tema "Perspektif Hukum dan Sosial: Tindak Lanjut Penanganan Isu Politisasi Sara dan Politik Identitas pada Pilkada Kota Depok Tahun 2015."

Riset yang dibuat oleh Bawaslu Kota Depok ini, membahas fenomena yang terjadi pada proses pelaksanaan tahapan Pilkada, yakni: (1) menguatnya politisasi isu Suku, Agama, Ras, Antar golongan (SARA), (2) konflik politik identitas. Tulisan riset Bawaslu Kota Depok disusun menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis yang menjelaskan peristiwa melalui data primer.

Tag
Divisi Hukum Data Dan Informasi