Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Depok Kunjungi DPD Partai Gelora Kota Depok

Program Bawaslu Menyapa kembali dilakukan Bawaslu Kota Depok, Selasa (15/3/22) dengan menyambangi DPD Gelora Kota Depok. Ketua Bawaslu Kota Depok Luli Barlini menjelaskan, kegiatan Bawaslu Menyapa ini menjadi ajang silaturahmi dalam menjalin komunikasi intensif melalui dialog dan diskusi langsung.

“Melalui kunjungan ini diharapkan partai politik dapat memberi masukan kepada Bawaslu Kota Depok menjelang persiapan Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Bawaslu Menyapa merupakan upaya Bawaslu menjalin hubungan baik dengan peserta Pemilu agar terselenggara Pemilu yang sukses. Bawaslu Kota Depok dalam hal ini hanya mengawasi agar pelaksanaan Pemilu berjalan sesuai regulasi, bukan mencari-cari kesalahan. Berdasarkan catatan pengawasan Pemilu 2019, Bawaslu Kota Depok mengundang saksi Parpol untuk di bimtek, namun ada Parpol yang sama sekali tidak mengirim utusan saksi,” ucap Luli.

Adapun lanjut Luli, tujuan dari Program Bawaslu Menyapa ini untuk menjalin komunikasi sehingga memudahkan koordinasi antara partai politik dengan Bawaslu Kota Depok selaku penyelenggara Pemilu.

“Kegiatan ini merupakan kunjungan kerja resmi Bawaslu Kota Depok ke seluruh partai politik yang ada di Kota Depok,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Luli juga mengungkapkan, pihaknya juga menyampaikan informasi penting yang berkaitan dengan persiapan kepemiluan pada pesta demokrasi yang akan dihelat 2024 mendatang.

“Aturan Pemilu 2024 masih sama, yang akan membedakan nantinya adalah aturan teknis, contohnya tentang kampanye Parpol di era pandemi. Aturan teknis pemilu ini disusun oleh parlemen, maka dari itu kami menghimbau Nasdem maupun Gerindra memberikan masukan. lewat jalur parlemen agar masukannya berimbang dari Peserta dan Penyelenggara,” tutur Luli.

Sekretaris DPD Gelora Kota Depok, mengucapkan terima kasih atas kunjungan jajaran Bawaslu Kota Depok ke Sekretariat DPD Gelora Kota Depok. Ia juga berharap agar demokrasi di Kota Depok berjalan dengan kondusif dan tidak didominasi oleh partai politik tertentu.

“Terimakasih Bawaslu yang telah hadir untuk memberikan arahan kepada DPD Gelora Kota Depok dalam menyongsong Pemilu serentak 2024. DPD Gelora Kota Depok masih menjadi partai baru dan belum masuk ke parlemen, maka dari itu kami terus memfokuskan energi untuk kemudian lebih memperkuat konsolidasi internal. Kami juga berupaya menciptakan iklim demokrasi yang kondusif,” ucapnya.

Terpisah, Subhan selaku Ketua DPD Gelora Kota Depok, mengungkapan bahwa partainya telah mendaoatkan informasi seputar pemekaran Dapil di Kota Depok.

“Kami berharap informasi yang disampaikan Bawaslu Kota Depok menambah kesiapan partai kami dalam menghadapi Pemilu 2024,” ucap Subhan.

Pada kesempatan tersebut, Subhan juga memberikan masukan untuk Bawaslu Kota Depok dalam hal perekrutan pengawas adhoc dan penambahan jumlah TPS agar beban kerja penyelenggara adhoc berkurang. Sehingga, kedepannya dapat lebih maksimal lagi dalam menjalankan tupoksi sebagai penyelenggara Pemilu hingga lini terbawah.

Tag
Berita
Divisi Hukum Data Dan Informasi
Divisi Organisasi dan SDM
Divisi Pengawasan
Divisi Penindakan
Divisi Sengketa