Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Depok ikuti Sispamkota dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024

Depok - Ketua Bawaslu Kota Depok, Fathul Arief mengikuti kegiatan Apel Gelar dalam rangka Simulasi Sistem Pengamanan Dalam Kota (Sispamkota) yang diselenggarakan Polres Metro Kota Depok. Apel Gelar yang dilaksanakan di Area Lahan Universitas Islam Internasional Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (17/10/23) sekitar pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini merupakan kegiatan Operasi Mantap Brata Jaya 2023-2024 wilayah hukum Polres Metro Depok. Apel Gelar kesiapan pengamanan Pemilu itu dipimpin langsung oleh Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Ahmad Fuady.

Apel gelar pasukan merupakan dari kesiapan Polri mengawal pelaksanaan Pemilu 2024. Sebanyak 300 personel dari jajaran Polres Metro Depok yang terdiri dari personel Dalman Nusantara, Brimob,

Dalam sambutannya, Kapolres Metro Depok yang didampingi oleh Dandim 0508/Depok, menyampaikan bahwa Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan waktu dan luas wilayah geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar. "Oleh sebab itu guna mengamankan Pemilu 2024, maka Polri didukung TNI, Kementerian Lembaga Instansi serta mitra Kamtibmas lainnya untuk menggelar Operasi Mantap Brata Jaya 2023-2024. Operasi ini dilaksanakan 222 hari sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024. Polri telah menyiapkan 2000 personel Brimob dan 8500 personel Dalmas Nusantara yang siap dimobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh Wilayah Indonesia sebagai dukungan Operasi Mantap Brata 2023-2024", jelas Ahmad Fuady yang membacakan sambutan Kapolri.

Pada simulasi tersebut, juga diperagakan adanya sekelompok massa yang tidak terima hasil dari Keputusan hasil Pemilu, dan massa pun mendatangi Kantor KPU untuk melakukan aksi unjuk rasa yang anarkis. Hingga akhirnya terjadi ketegangan antar massa dan pihak kepolisian.

Petugas pun melakukan tindakan tegas dan terarah dengan menyemprotkan air ke pengunjuk rasa yang anarkis tersebut, sehingga massa yang melakukan tindakan anarkis tersebut berhasil dibubarkan.

Sejumlah Pimpinan Forkompimda Kota Depok terlihat di lokasi, antara lain Dandim 0508/Depok Letkol Inf Totok, Ketua DPRD Kota Depok Yusuf Syahputra, perwakilan Pemkot Depok, Sekretariat KPU Kota Depok, hingga sejumlah perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024 juga tampak hadir menghadiri Apel. (mya)

Tag
Berita