Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Depok Hadiri FGD Penyusunan Alat Kerja Pemantau Pemilu dan Kalender Pengawasan

Anggota Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana menghadiri kegiatan FGD Penyusunan Alat Kerja Pemantau Pemilu dan Kalender Pengawasan yang diselenggarakan oleh Bawaslu RI di Jakarta (11 s.d 13 Juli 2022). Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyusun alat kerja bagi pemantau pemilu yang bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui kontribusi kerja-kerja pemantauan pemilu.

Alat kerja yang nantinya dihasilkan, bertujuan untuk mempermudah para pemantau dalam mengawasi tahapan Pemilu. Bawaslu melihat selama ini konsentrasi kerja pemantau pemilu sangat berbeda-beda. Ada pemantau yang khusus memantau dana pemilu, ada juga yang memantau rekapitulasi perhitungan surat suara.

Sehingga alat kerja yang tengah disusun ini harapannya bisa komprehensif, mudah diinformasikan, sehingga publik mudah membaca kerja hasil pemantauan. Alat kerja ini juga diharapkan dapat mengurai masalah lebih cepat dan membantu proses pemantauan, serta menjadi bahan analisis Bawaslu terkait fakta dan peristiwa hasil pemantauan.

Selain menyusun alat kerja pemantau Pemilu, Bawaslu juga menyusun kalender pengawasan bagi Bawaslu dan juga pemantau pemilu, sebagai upaya awal pemetaan masalah dalam hal pengawasan pemilu. Dalam penyusunan alat kerja pemantau Pemilu dan kalender pengawasan, Bawaslu melibatkan pihak eksternal guna menggali masukan. Nantinya masukan dari para pihak untuk menyusun alat kerja pemantau dan kalender pengawasan yang lebih selaras dengan kondisi kekinian dan bisa mencegah potensi-potensi masalah yang terjadi dalam dinamika proses pengawasan pemilu.

Tag
Berita
Divisi Pengawasan