Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Depok Terima Wawancara Mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif, Andriansyah : Edukasi dan Pengawasan Partisipatif Masyarakat

mahasiwa

Wawancara Mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreaif dengan Anggota Bawaslu Kota Depok, Andriansyah.

Depok - Bawaslu Kota Depok menerima beberapa mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif dalam rangka peliputan dan wawancara mengenai perkembangan pemilu di Kota Depok di Kantor Bawaslu Kota Depok, Kamis (07/03/2024).

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Depok, Andriansyah menyambut hangat kedatangan mahasiswa polimedia tersebut.

Beberapa pertanyaan yang dilayangkan mahasiswa berupa isu pelanggaran pemilu dan tindak lanjut dari sisi Bawaslu. Selain itu mahasiswa polimedia juga menanyakan tentang perkembangan rekapitulasi hingga saat ini.

Andriansyah merespon pertanyaan dengan detil dan sekaligus mengedukasi pengawasan partisipatif kepada mahasiswa tersebut.

"Hingga saat ini tahapan yang sedang berjalan ada rekapitulasi tingkat kota. Masih ada dua kecamatan lagi yang masih berproses rekap dan pencermatan, mudah-mudahan cepat selesai dan bisa dibawa ke provinsi," ujar Andriansyah.

"Untuk penanganan pelanggaran, temen-temen harus tahu, karena ada bentuknya laporan dan juga ada bentuk temuan. Baik temuan dan laporan, dari Bawaslu sudah menindaklanjuti, namun jika itu termasuk unsur pidana pemilu maka akan ditindaklanjuti di Sentra Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, kepolisian, dan kejaksaan," tambah Andriansyah.

Sebagai penutup, Andriansyah mengatakan dengan berkembangannya teknologi dan media saat ini serta SDM pengawas yang tersedia, maka Andriansyah mengajak kepada masyarakat khususnya mahasiswa untuk menjadi pengawas partisipatif. 

Informasi tambahan, wawancara mahasiswa ini juga merupakan kegiatan tugas mata kuliah jurnalistik pada program studi penyiara, jurusan penertiban Politeknik Negeri Media Kreatif. (mya)

foto bersama mahasiswa

Penulis dan Foto : M. Yudha Aldino

Editor : Humas Bawaslu Depok

Tag
#PengawasanPartisipatif
#CegahAwasiTindak
#AyoAwasiBersama
#PemiluSerentak2024