Lompat ke isi utama

Berita

Bangun Kolaborasi dan Komunikasi Strategis, Bawaslu Kota Depok Lakukan Konsolidasi dengan KPU Kota Depok

Bawaslu Kota Depok melakukan konsolidasi dengan KPU Kota Depok dalam rangka mengawali pelaksanaan pengawasan tahapan Pemilu tahun 2024. Konsolidasi dua lembaga penyelenggara Pemilu ini berlangsung di Kantor KPU Kota Depok, Rabu (20/7/2022).

Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini mengatakan konsolidasi ini dilakukan untuk memperkuat sinergitas dan harmonisasi dalam rangka menyongsong pelaksanaan pengawasan Pemilu 2024, selain itu KPU Kota Depok merupakan mitra strategis Bawaslu paling utama yang memiliki kesamaan tujuan.

“Tujuan Bawaslu Kota Depok dan KPU Kota Depok sebagai penyelenggara Pemilu sama, yaitu menyukseskan Pemilu Serentak tahun 2024. Oleh karena itu, komunikasi antar sesama penyelenggara Pemilu perlu dijalin dengan baik sebagai modal dan spirit untuk bersama-sama menghasilkan Pemilu 2024 yang jujur dan adil,” tutur Luli.

Masih di tempat yang sama, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana menyampaikan bahwa kolaborasi dengan KPU perlu dibangun sedini mungkin, terutama menjelang tahapan pendaftaran Partai Politik pada 1 Agustus 2022 mendatang.

“Bawaslu dan KPU bukan seperti Tom and Jerry, tapi saudara seperti Upin dan Ipin. Penting bagi kedua lembaga ini membangun persamaan pandangan sebagai satu kesatuan fungsi penyelenggara Pemilu baik itu Bawaslu sebagai pengawas, maupun KPU sebagai pelaksana. Kami terus lakukan pola komunikasi yang baik sebab beberapa tahapan yang nantinya akan berlangsung bisa memicu polarisasi masyarakat dan berpotensi menciptakan polemik atau sengketa. Hal ini dapat diatasi dengan mudah jika Bawaslu dan KPU terus bersinergi” pungkasnya.

Sejalan dengan hal ini, Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi, Andriansyah menyampaikan harapannya terkait konsolidasi hari ini.

“Tentu saja harapan kami dengan diperkuatnya konsolidasi, koordinasi, dan kolaborasi antara Bawaslu dan KPU akan menghasilkan persepsi yang sama, khususnya berkaitan dengan implementasi peraturan dengan praktiknya di lapangan. Sehingga apa yang dilakukan KPU Kota Depok, informasi, data, dan dokumentasinya sama dengan hasil pengawasan kami," harapnya.

Lebih lanjut, Ketua KPU Kota Depok, Nana Sobarna mengapresiasi kunjungan yang dilakukan Bawaslu Kota Depok dalam rangka konsolidasi ini.

"Semoga pertemuan ini dapat meningkatkan silahturahmi dan koordinasi serta sinergitas dalam melaksanakan tahapan Pemilu. Sehingga tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik, karena suksesnya penyelenggaraan merupakan kesuksesan KPU dan Bawaslu," tutupnya.

Menutup konsolidasi ini, Luli menyampaikan bahwa Bawaslu Kota Depok dan KPU Kota Depok telah sama-sama berkomitmen mengulang kesuksesan Pemilu 2019 sesuai dengan tugas pokok dan funsi masing-masing.

Tag
Berita
Divisi Hukum Data Dan Informasi
Divisi Organisasi dan SDM
Divisi Pengawasan
Divisi Penindakan
Divisi Sengketa